Tempat Cantik Bukan Cuma Eiffel

Setiap kali turis ke Perancis pasti yang bakal dikunjungi adalah menara Eiffel, Arc de Triomphée yang berada tidak jauh dari Champs Elysée, Notre Dame, atau Mont Mart. Padahal masih ada tempat-tempat cantik dan penuh history yang bisa dikunjungi. Beberapa kali saya sempat mengajak teman saya untuk mengunjungi tempat-tempat yang sepi dari turis. Hingga kemarin 2 orang teman saya yang berada di luar Paris mengunjungi saya, maka saya mengajak mengunjungi salah satu tempat idola saya, Mosquée de Paris.

Mosquée de Paris adalah sebuah masjid yang didirikan pada tahun 1926, masjid yang terinspirasi dari masjid besar di Maroko. Mosquée de Paris ini didirikan sebagai ucapan terima kasih pemerintah Perancis kepada para pejuang muslim yang telah membela negara Perancis pada perang dunia ke-1.

Di masjid ini, kita bisa melihat pintu masjid yang terbuat dari kayu yang sangat kokoh dan ornamen-ornamen yang cantik di dindingnya. Begitu kita masuk ke hall masjid, tampak di depan mata kita dengan taman yang tertata dan terawat dengan cantiknya. Dari hall kita berbelok ke arah kanan, di mana terdapat halaman yang luas dan di depan halaman tersebutlah kita akan mendapatkan ruangan beribadah para muslim dengan pilar-pilarnya yang kokoh, dan atapnya yang terbuat dari kayu dengan dihiasi ukiran yang cantik. Tapi, sayang, kemarin karena saya datangnya rada telat, saya tidak dapat masuk hingga ke halaman dalam dan memotret keindahan ruang ibadah tersebut.

Di samping masjid ini, juga terdapat institut de Théologie untuk mereka yang ingin memperdalam tentang Islam. Dan di depan masjid ini, kita juga akan menjumpai toko kecil di mana kita bisa membeli keperluan untuk beribadah. Setelah puas mengunjungi masjid cantik ini, kita bisa menikmati hangatnya teh mint, dan kudapan dari Afrika Utara. Sambil menikmati hangatnya kafe, kitapun bisa menikmati keindahan kafe ini dengan dekorasi yang khas dari Afrika Utara, atau kita bisa mencoba untuk ke hammam, sudah tentu dengan tarif yang sudah mereka berikan.


Untuk menuju masjid ini, bisa dengan Metro no. 5, turun di Gare d’Austerlitz, Metro no. 10, turun di Jussieu.