Ada Orang Indonesia……??

Sapaan lantang nan manja yang dilontarkan oleh satu-satunya penyanyi Indonesia yang sudah go Internasional, Anggun. Ya….itulah salah satu sapaan yang dilontarkan oleh Anggun di konsernya di Trianon, Paris untuk menyapa para penggemarnya.

Saya beruntung mempunyai kesempatan menonton konsernya Anggun di Trianon. Sebuah mini Opera yang berada di Paris. Dengan tiket seharga 40 Euro, saya mendapatkan tempat duduk di baris no. 3 dari depan panggung. Di mana di barisan paling depan duduk bapak Dubes beserta sang istri.

Tepat pukul 20h00, acara dibuka. 30 menit diawal acara, diisi dengan suara cantik dari salah satu penyanyi cantik bernama Magdalena, saya tidak tahu berasal dari mana penyanyi ini. Walaupun tampil hanya 30 menit, saya sangat menikmati lagu-lagu yang dihaturkan ke para pengunjung.

Ketika lampu dipadamkan, Anggun muncul dengan lagu pembukanya, yang saya lupa judulnya, Anggun tampil dengan celana pendek hitam, berhiaskan ornamen emas, sederhana, seksi dan tampak elegan sekali. Beberapa kali Anggun menyapa penggemarnya, dengan sapaan yang manja, candaan dan senyum yang selalu menghias di bibirnya, khas Indonesia. Anggun….sekali.

Di session ke-1 ini, Anggun lebih banyak menyanyikan lagu-lagu sentimentil, di mana dia mengatakan bahwa lagu-lagu tersebut merupakan cerita dari perjalanan hidupnya. Salah satu lagunya adalah Snow on the Sahara. Anggunpun dengan ndeprok di lantai, dia menceritakan kehidupan masa kecilnya, dan sebagai anak yatim di usia 8 tahun. Di akhir cerita dia mengatakan, tiada keindahan yang bisa diberikan kepada seorang anak piatu, selain senyum dan doa. Indah…..

Di session ke-2, Anggun tetap dengan celana pendek hitam dengan dihiasi bolero berbulu.Di session ini, Anggun menggoyang Trianon dengan lagu-lagu yang sangat rancak, dan mengajak para pengunjung untuk berdiri dan bergoyang. Trianon….bergoyang dengan suara Anggun yang berat dan khas….. Konser yang berdurasi hampir 2,5 jam ini ditutup dengan lagu yang lagi-lagi saya tidak tahu judulnya, tapi sangat familiar di telinga.

Dan 4 ajungan jempol untuk Anggun, hampir 2 jam dia menyanyi dengan stamina yang luar biasa…..Ketika jarum jam hampir menunjukkan di angka 22h30, konser berakhir. Terasa berat meninggalkan gedung Trianon, berat untuk berpisah dengan si anggun Anggun. Tapi…saya tidak ada pilihan lain, selain memakai jaket saya, dan kembali ke rumah, mendengarkan suara indah Anggun di CD player di rumah.

Oh ya…. ternyata banyak orang Indonesia dari berbagai negara di Eropa, seperti Norwegia, Belanda, Itali, Belgia yang datang khusus untuk menonton konser Anggun ini. Dan tentu saja, begitu banyak orang Indonesia yang di Paris sendiri yang menonton, juga para bule-bule….baik tua atau muda. Sungguh…..,saya bangga dengan kesuksesan Anggun di dunia International….

Montmorency, 14 Juni 2012