Alsace Kecil Di Kota Paris

population_density_map_of_paris_in_2012

Photo diambi dari google

Photo diambi dari google

Kota Paris terbagi atas 20 distrik atau sering disebut dengan arrondissement. Jika melihat peta pembagian distrik, menyerupai seperti keong. Dimulai dari dalam sebagai distik 1, memutar ke luar, dengan distrik 2 hingga distrik 20. Pembagian distrik ini ada sejak tahun 1795, yang awalnya hanya terbagi dalam 12 distrik. Pada perkembangannya menjadi 20 distrik. Tiap-tiap distrik dipimpin oleh seorang walikota.

Tiap-tiap distrik mempunyai kekhasan tersendiri, layaknya sebuah kota besar. Misalnya distrik 1-9, ikon-ikon histoik berada. Distrik 13 adalah daerah China Town. Dan di distrik 13 inilah surga bagi ibu-ibu Indonesia/Asia untuk berbelanja kebutuhan dapur, dari cabe, hingga beras. Dari ngebakso hingga makan nasi goreng ikan asin.

img_1345

Selain surga untuk urusan dapur dan perut, di distrik 13 ini, terdapat bukit kecil yang disebut dengan Buttes aux Cailles. Suasana di Buttes aux Cailles ini berbeda dengan suasana pertokoan yang letaknya lebih rendah dari Buttes aux Cailles ini. Di sini, suasana lebih tenang, tidak banyak pertokoan keperluan rumah tangga. Hanya tampak beberapa restaurant.

img_1358

Menyusuri jalan-jalan berpaving di daerah ini, tampak lukisan-lukisan mural yang indah, layak sebuah karya seni. Juga taman-taman yang tertata dengan rapi. Indah….

Pada awal abad ke 20, daerah merupakan daerah industri gula dan pabrik mobil Panhard. Ke-2 industri ini memperkerjakan banyak pegawai pabrik, yang membuat mereka membangun perumahan bagi pegawainya. Pembangunan ini atas permintaan biarawan Jean Viollet. Yang mana pada awalnya, satu rumah ditempati oleh 12 orang….!!

img_1372

Hingga pada akhirnya, dibangunlah perumahan dengan gaya rumah Alsace atau yang disebut dengan Petite Alsace. Berada di antara 2 rumah bercat biru muda dengan pintu pagar yang terbuat dari kayu, di sinilah perumahan ini berdiri di atas tanah seluas 550 M2. Dengan ciri khas ujung atapnya yang runcing. Petite Alsace adalah perumahan sosial (HLM) pemerintah Perancis yang pertama,  berupa perumahan indvidual. Di sini, tampak rumah-rumah mungil yang berwarna-warni dengan taman yang tertata. Tenang dan indah….

img_1375

Perumahan Petite Alsace ini berada di 10 rue Daviel. Karena merupakan komplek perumahan, pengunjung tidak bisa sesukanya mengunjungi perumahan ini. Pengunjung hanya bisa masuk hingga sebatas tempat kotak surat dengan lantainya yang berpaving.

img_1378

Di depan Petite Alsace, terdapat Villa Daviel. Sebuah perumahan dengan jalan berpaving, tampak rumah-rumah yang tertata dengan apik, charming. Villa Daviel bak sebuah desa diantara hiruk-pikuknya distrik 13.

Di tengah hiruk-pikuknya kota Paris, selalu ada tempat-tempat tersembunyi yang indah dan tenang….

Selamat mengeksplore, Paris….

 

Info Turis :

  • Metro Corvisart (line 6).