Berbagi Itu Indah….

 

Seperti biasa untuk ke Paris, saya selalu menggunakan tranportasi umum, kereta. Hingga kejadian di pagi hari beberapa waktu yang lalu, saat saya turun dari elevator di stasiun “Gare du Nord,” saya nyaris terjatuh, karena persis di depan elevator tampak segerombolan anak muda yang menghalangi jalan. Dengan rada gondok, saya lirik rombongan itu. Ada wajah-wajah kebingungan di sana. Tapi saya tak peduli, melangkah melanjutkan langkah saya.

100 meter setelah meninggalkan rombongan tersebut, saya berbalik menghampiri mereka. Dari kekhasan wajah dan warnya kulit mereka, saya langsung menembak bahwa mereka berasal dari Indonesia. Dengan wajah-wajah berseri-seri, mereka menjawab bahwa mereka memang berasal dari Indonesia. Anak-anak muda yang berjumlah 8 orang ini sedang kebingungan mencari kereta dengan tujuan Rouen.

Satu-satunya gadis muda yang tampaknya juga ketua dari rombongan itu menunjukkan sebuah email, yang memberikan arahan untuk menuju kota Rouen. Sayang sekali di email tersebut tidak menjelaskan secara detail cara untuk menuju kota Rouen. Pantas saja mereka kebingungan, karena mereka harus ganti stasiun kereta untuk menuju kota Rouen. Apalagi mereka adalah anak-anak muda yang baru sekali menginjakkan kakinya di kota Paris ini. Saat saya menunjukkan stasiun di mana mereka harus mengejar kereta tujuan mereka, tampak wajah-wajah sumringah dibalik wajah-wajah letih mereka, dan ucapan terima kasih dari mereka. Saya hanya berharap mereka akan sampai di kota Rouen dengan selamat, dan merajut mimpi mereka di kota tersebut.

Setelah selesai mengantarkan mereka, sayapun melanjutkan perjalanan saya, yaitu ketemu ama 2 orang teman saya. Udara sangat bersahabat dengan sapaan hangat sang matahari hari itu.Efek dari sapaan hangat sang surya membuat saya dan teman saya menikmati acara makan siang di teras sebuah resto. Sambil menikmati kopi dan makanan kami, kamipun memperhatikan wajah-wajah orang yang berlalu-lalang dengan muka ditekuk, tak ada senyum di wajahnya…., padahal udara sedang bersahabat.

Selesai makan, kamipun memesan kopi. Saat menikmati kopi, iseng-iseng sayapun memutar lagu-lagu R n B dari Rihana, Beyonce ataupun Bob Marley dari MP3 saya di mana semua orang bisa mendengarnya. Tanpa dikomando, saya dan ke-2 teman saya bernyanyi sambil menggoyang-goyangkan badan kami. Ajaib…., kegembiraan kami menular kepada orang-orang yang berlalu-lalang. Jika sebelumnya, hanya tampak wajah-wajah ditekuk, dengan “kegilaan” yang kami lakukan, yang tampak adalah wajah-wajah sumringah dengan senyum di bibir mereka, ataupun komentar-komentar positif dari musik yang saya putar.  Indahnya hari itu….

Ternyata untuk berbagi sangatlah simpel. Senyum….senyum…dan senyum…salah satu energi positif yang sangat kuat efeknya. Berbagi dalam hidup bisa apapun bentuknya. Selamat berbagi karena sharing is caring…..

Montmorency, 24 May 2014

By Helene