Cerita Di Balik Sebuah Rumah….

Salah satu jalan tertua di kota Paris yang ada sejak abad pertama hingga abad pertengahan adalah Rue Saint Denis. Jalan yang berada di distrik 2 kota Paris. Sebuah jalan yang terkenal karena menjadi salah satu pusat rumah bordel di masanya, dan menjadi salah satu pusat prostitusi kota Paris hingga saat ini.

Sejak tahun 1946, Perancis melarang adanya rumah bordel, yang berarti sejak tahun itu ditutupnya 195 rumah-rumah bordel yang berada di kota Paris. Diantara rumah-rumah bordel yang telah ditutup itu, ada 2 buah yang masih berdiri dan menjadi tempat “bersejarah” dari sebagaian cerita kota Paris. Salah satunya adalah rumah bordel yang di rue Brondel.

IMG_0156

Rumah berwarna coklat sebagai pintu masuknya, dengan bangunan bertingkatnya yang berbentuk oval adalah apartemen atau kamar-kamar di mana para prostitusi berada. Di dinding luar tampak sebuah jam dinding yang ada sejak bangunan itu berdiri. Dari jendela-jendela kaca sebelah kanan jam dinding, para prostitusi itu akan mengetahui jika ada tamu datang yang masuk melewati anak-anak tangga. Dan ternyata…jam dinding yang berada berlawanan dengan jendela-jendela kaca sebelah kanan, untuk menunjukkan waktu bagi para prostitusi itu “bekerja.” Di depan rumah ini, sebenarnya masih tertinggal lukisan mozaik yang masih terawat. Sayangnya, saya tidak bisa masuk bangunan tersebut. Dan saya ngeri untuk minta ijin masuk ke gedung tersebut….Inilah salah satu cerita dari kota Paris yang lain.

Di sini pula kita akan melihat berderet seks shop berdampingan dengan para prostitusi yang menjajakan dirinya. Pada saat saya mengambil foto ini, ada rasa takut yang luar biasa, ketika beberapa wanita penjaja seks tersebut melihat saya dengan tatapan tidak bersahabat, bahkan beberapa orang yang lewat, tampak sangat kikuk ketika saya menanyakan tentang rumah bordel yang berada di seberang rumah bercat coklat ini….:)

Dan inilah salah satu cerita dari hasil blusukan saya hari ini. Buat Ferry, lunas sudah hutang tulisan dan cerita tentang salah satu rumah bordel tertua di kota Paris ya…Tunggu cerita selanjutnya tentang yang “tertua” yang lain di kota Paris yang indah dan penuh history ini….Semoga cerita singkat ini, bisa memuaskan hasrat pingin tahumu yang luar biasa tentang sejarah kota Paris yang lain…..:)