Ikan Paus, Ombak dan Pantai

 

IMG_1819

Berlibur ke Sumbawa Barat ? Adakah penginapan di sana ? Ngapa’in ke sana ? Pertanyaan beruntun yang muncul dari beberapa teman-teman saat saya mengatakan bahwa liburan saya ke Indonesia kali ini akan mengunjungi Sumbawa Barat.

Memang tidak banyak yang tahu bahwa Pulau Sumbawa mempunyai pulau-pulau yang cantik. Salah satunya adalah Pulau Moyo. Salah satu pulau yang pernah dikunjungi oleh Lady Diana.

Breff…., ketika kami memutuskan untuk mengunjungi Pulau Sumbawa, dari hasil browsing, kami memutuskan untuk ke Sumbawa Barat. Dari hasil pencarian di internet, tidak banyak penginapan yang sesuai dengan kriteria kita yang tidak jauh dari pantai, atau boleh dibilang tidak ada. Bahkan di buku guide yang kami miliki tidak menyebutkan satupun penginapan di pinggir pantai yang seperti kami inginkan.

Pencarian kami beberapa hari di internet tidaklah sia-sia, kami menemukan sebuah penginapan yang sesuai dengan kriteria dan standard kami. Foto-foto dari website mereka sungguh mencuri hati kami. Penginapan ini bernama Whales and Waves. West Sumbawa Resort.

Dari bandara Sultan Muhammad Kaharudin, kami harus menempuh perjalanan 2-2,5 jam dengan kondisi jalan yang mulus. Dan 1,2 km jalan berbatu. Sampai di resort ini, saya benar-benar dibuat kagum dengan luasnya tanah di resort ini. Dan kamar-kamar yang sama seperti di foto-foto website mereka. Kedatangan saya sekeluarga disambut oleh sang pemilik resort. Denis, laki-laki yang berasal dari Rusia yang ramah.

IMG_1815

Resort Whales dan Waves dibangun di tanah yang asalnya adalah perkebunan kelapa. Tidaklah mengherankan, jika begitu banyak pohon-pohon kelapa di resort ini. Bangunan kamar-kamar mengingatkan akan rumah-rumah tradisional dari negara Afrika. Atau untuk P-J mengingatkan akan rumah di film Hobbit. Dengan atapnya dari kayu hitam yang berasal dari Kalimantan.

Di resort Whales and Waves yang dibangun pada tahun 2011 tampak terawat dengan bagus. Kamar hotel dengan type double yang kami tempati dipatok diharga 60 dollar dan twin room tempat anak-anak tinggal dipatok dengan harga 50 dollar per malam dengan kamar mandi yang bersih dan ornamen dindingnya bergaya Afrika tampak sangat unik. Kamar-kamar dari resort ini berada agak ke dalam dari bibir pantai, dan tidak ada WiFi di kamar. Dan memang inilah kenikmatan saat liburan adalah detox numerique selama beberapa waktu.

Nama Whales & Waves diambil dari bukit yang berada di depan resort yang menyerupai ikan Paus dan ombak di depan resort ini yang kadang-kadang bergelombang-gelombang, cocok untuk mereka yang suka bermain-main menyeberang ke pulau seberang resort dengan kayak. Selain itu, tidak jauh dari resort ini, terdapat beberapa spot dengan ombaknya yang cukup tinggi cocok untuk mereka pecinta olah raga selancar.

IMG_1836

 

IMG_1823

Selain keunikan dari bangunan kamarnya juga arsitektur dari resort ini, adalah restaurant yang terbuat dari bambu dengan tinggi 11 meter dan panjang 43 meter…. !! Mirip sebuah kathedral. Sungguh indah dan original. Duduk di restaurant ini, sambil menikmati keindahan Gunung Rinjani yang menjulang dengan gagah, menikmati semilir angin laut, dan melihat petani rumput laut memanen adalah sebuah pemandangan yang benar-benar mewah….

IMG_1833

Tinggal di resort yang jauh dari pusat kota, maka pihak resort menyediakan 3 kali makan dengan membayar 200. 000 rupiah per orang. Dengan menu yang bervariasi dan zen food, sungguh hidangan yang benar-benar cocok dengan lidah saya. Tapi, jangan mengharapkan untuk mencicipi makanan Indonesia. Mudah-mudahan ke depan, resort ini akan menyediakan makanan khas Indonesia, khususnya makanan khas dari Sumbawa. Dan pemilik resort ini sangat generous dan tidak komersil, karena harga minuman yang dijual masuk akal, tidak memanfaatkan kondisi tempat yang tidak punya pilihan untuk membeli di luar resort. Bahkan, para tamu bisa minum air kelapa muda secara cuma-cuma.

Di sini, Whales & Waves menyediakan berbagai aktivitas, dari kayak, mengunjungi beberapa air terjun yang berada di Sumbawa Barat, ataupun beberapa spot untuk snorkling, hingga berselancar….. Dan salah satu kekhususan dari resort ini adalah untuk para peselancar, karena dari para turis yang menginap di sini adalah para peselancar dari manca negara.

Tinggal 5 malam di resort ini, rasanya tidaklah cukup. Keindahan pemandangan, keunikan kamar-kamarnya, dan keramahan pemilik dan para staffnya telah mencuri hati saya sekeluarga. Mudah-mudahan keramahan dan keindahannya akan tetap selalu terjaga…..Dan akan memberikan lapangan pekerjaan juga untuk penduduk setempat.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang resort ini, klik link ini http://whales-and-waves.com