Jalan-jalan yuk……

Montmorency adalah kota di mana saya tinggal. Sebuah kota kecil di pinggiran Paris, hanya 14 km jika dilihat dari titik nol yang berada di depan Kathedral Notre Dame – Paris.Dengan jarak 14 km dari Paris, saya sangat jarang sekali ke Paris mengendarai mobil, transportasi yang sering saya gunakan adalah bis dan kereta api, 35 menit saya sudah berada di pusat kota Paris di mana titik nol berada.
2012 adalah tahun bersejarah di Montmorency. Ya….bersejarah, karena di tahun ini, Montmorency merayakan 300 tahun kelahiran filosofi besar, JJ Rausseau, yang lahir pada tahun 1712 di Jenewa. Dan JJ Rousseau sempat tinggal di Montmorency ini. Tidaklah mengeherankan jika beberapa nama jalan di kota saya ini diambil dari novel-novel karya Rousseau ini, seperti Heloise.

Dan hari Sabtu kemarin, pihak kotamadya membuat pertunjukan teater tentang perjalanan dan buah pikiran dari Rousseau, yang melibatkan para pemain teater, pemusik dari sekolah musik, penari dari sekolah musik hip hop, juga para akrobatik yang semua sekolah-sekolah tersebut berada di Montmorency sendiri. Dan pertunjukan ini dilakukan di taman milik kotamadya di mana kantor kotamadya berada, sekaligus pertunjukan ini benar-benar untuk penduduk Montmorency alias gratis.
Jika ada yang pingin main-main ke Montomorency, pintu rumah terbuka untuk siapa saja yang pingin singgah, jadi untuk ke rumah saya tidak perlu undangan, kecuali untuk proses pembuatan visa…..