Kastil Cinta Sang Raja

IMG_6682

 

Ile de France, adalah salah satu region dari Perancis. Atau yang sering dikenal sebagai daerah metropolitan Perancis dengan ibu kotanya Paris. Begitu banyak tempat history yang bisa dikunjungi selain di kota Paris sendiri, juga di suburbnya. Salah satunya adalah Domaine de Villarceux. Sebuah kastil yang berada sekitar 70 km dari kota Paris. Tepatnya berada Chaussy, department Val d’Oise, hanya 30 km dari tempat saya tinggal.

Sebuah kastil yang dikelilingi dengan taman seluas 70 hektar. Kastil yang dibangun pada abad ke 11 dengan dikelilingi taman seluas 70 hektar adalah untuk melindungi dari serangan tentara Inggris yang menguasai Normandi (Normandi adalah salah satu region dari Perancis yang letaknya secara geografis tidak jauh dari Inggris). Kastil Villarceux ini dikelilingi oleh kolam yang luas, juga sumber air yang jumlahnya hingga 30 buah. Dan sumber-sumber air tersebut masih berfungsi dengan baik.

Awalnya, taman ini dibuat untuk berbagai taman dari berbagai belahan dunia. Seperti taman bergaya Jepang, Oriental, Inggris, Itali atau Perancis. Tapi, karena dana dan luas dari taman yang kurang memadai, yang tertinggal, hanya taman abad pertengahan, taman bergaya Inggris, dan Perancis.

Keunikan dari taman ini adalah dari luas 70 hektar terdiri dari berbagai jenis taman, yang disesuaikan dengan kegunaannya saat itu. Yang hingga saat ini masih terawat dengan baik. Seperti taman di abad pertengahan. Di mana tanaman di abad pertengahan ini mempunyai berbagai simbol. Seperti bunga mawar, lily adalah simbol dari bunga-bunga kerajaan. Juga ada taman sorcier, adalah tanaman yang biasanya digunakan sebagai ramuan beracun. Ataupun taman yang tanaman digunakan untuk pengobatan.

Setelah melewati taman abad pertengahan, kita bisa menikmati taman bergaya khas Perancis. Taman Perancis adalah tanaman yang tertata atau membentuk sebuah ornamen. Salah satu taman Perancis yang terkenal adalah “Jardins de Versailles.” Menikmati keindahan taman bergaya Perancis di Villarceux seperti menikmati miniatur dari “Jardins de Versailles.” Konon, pembuatan taman bergaya Perancis ini diilhami saat Louis XIV saat berperang di Itali.

IMG_6674

Menuruni anak tangga, para pengunjung akan menikmati keindahan taman bergaya Inggris yang berbentuk labirin. Taman yang berundak-undak ini, para pengunjung kembali menyusuri jalan setapak di sepanjang kolam yang luas dengan pohon-pohon yang daun-daunnya baru bersemi. Dari seberang kolam, kita bisa melihat sebuah kastil yang berada di puncak bukit. Tampak pula dari kejauhan taman yang berada di depan kastil  yang menyerupai sebuah bulatan yang besar. Yang melambangkan baju yang digunakan para putri kerajaan.

Kastil yang dibangun pada abad ke 17 ini, adalah tempat tinggal dari Ninon de Lenclos. Seorang penulis juga seorang gundik sekaligus penaung seni. Yang merupakan istri ke 2 dari Raja Louis ke XIV. Karena kecintaannya sang Raja pada istri ke-2 nya dan untuk mengingat indahnya waktu yang mereka miliki beberapa objek yang ada di taman ini, memakai nama sang istri. Seperti, menara Ninon (Tour de Ninon), cermin Ninon (miroir de Ninon) yang merupakan refleksi dari air kolam.

Di dalam ruang makan kastil, tampak pula lukisan dari Ninon yang bertelanjang dada. Juga draperi dari gorden yang terbuat dari abad ke 13. Di ruang makan ini pula, para penghuni dari kastil merayakan pesta dansa.

Walaupun berada di luar kota Paris, para pengunjung tidaklah akan kecewa menikmati keindahan kastil dan taman yang berusia 1000 tahun ini. Kastil dan taman ini merupakan salah satu cagar budaya sejak tahun 1941, layak untuk dikunjungi. Apalagi, tidak ada biaya masuk, juga para pengunjung bisa menikmati keindahan juga sejarahnya ditemani oleh seorang guide, yang telah disediakan dengan gratis. Para pengunjungpun bisa berpiknik menikmati keindahan kastil dan taman ini. Taman seluas 70 hektar ini, hanya dirawat oleh 2 orang tukang kebun……!!!