Magic Sebuah Toko Buku

Satu ikon historik yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Porto adalah toko buku terindah di dunia, Livraria Lello.

Jika di Cafe Majestic JK Rowling menuliskan buah pikirnya untuk buku Harry Potternya, maka di toko buku Livraria Lello & Irmao inilah Harry Potter « dilahirkan. » Kabarnya, di toko buku ini JK Rowling mendapatkan inspirasi untuk buku Harry Potter and the Philosopher’s Stone.

img_7217

Toko buku Lello & Irmao adalah sebuah toko buku bergaya neo-gothic. Toko buku yang didirikan oleh 2 bersaudara Jose dan Antonio Lello pada tahun 1881. Toko buku didirikan akan kecintaan mereka akan dunia literasi dan musik.

Memasuki toko buku ini, pengunjung akan melihat di sisi kiri dan kanan pintu masuk, tampak patung pahat yang ditempelkan di dinding Jose dan Antonio Lello. Tampak pula patung dari penulis terkenal dari Portugal, seperti Teofilo Braga, Guerra Junquiero, Camilo Castelo Branco.

img_7248

Di lantai kayu yang berada di tengah koridor, tampak rel sepanjang koridor. Rel ini digunakan untuk memindahkan buku-buku dari toko buku ke gudang. Di plafon yang terbuat kayu lantai dasar, tampak ukiran yang dilakukan dengan sangat detail dan cantik.

Menapaki tangga kayu menuju mezzanine tampak ukiran yang indah di setiap anak tangga ataupun di balik anak tangga itu sendiri. Juga di pegangan tangan dari anak tangga yang juga terbuat dari kayu. Di tengah-tengah plafon mezzanine, terdapat ornamen yang terbuat dari stained glass skylights dengan panjang 8 meter dan lebar 3,5 meter dengan motto yang tertulis «Decus in Labore, » atau keindahan dalam bekerja.

img_7220

Tampak pula rak-rak buku dengan buku-buku yang berjajar berdasarkan jenis dan bahasa. Bahkan buku-buku tua tersimpan rapi di rak buku yang tertutup dengan pintu kaca.

Dari lantai 2 atau mezzanine tampak gaya Art-Deco yang terukir dengan sangat detail tampak dari lantai dasar. Jendela yang menghadap ke jalan utama, pengunjung bisa melihat keindadahan salah satu icon historik dari kota Porto, Clerigos Tower.