Melting Pot Dalam Kuliner Indonesia

IMG_0854

Salah satu budaya dari Perancis yang dicari oleh para turis adalah gastronominya. Dan bagi warga Perancis, seringkali mereka menerebos ruang batas satu negara lewat kulinernya. Begitu banyak resto dari berbagai bagian negara Perancis di Paris, selain berbagai resto dari berbagai negara. Salah satunya dari Indonesia.

Menyusuri kota Paris yang penuh akan sejarah, kita akan menemukan sebuah resto Indonesia yang berada di distrik 1, salah satu distrik yang berada di pusat kota Paris. Sebuah resto Indonesia yang kaya akan sejarah. Sejarah bagi pemiliknya. Sebuah resto yang ada karena rasa kerinduan pemiliknya ketika rasa rindu akan kampung halaman Indonesia terengut oleh sebuah rezim. Restauran Djakarta Bali.

IMG_0838

Restauran Djakarta Bali tampak sekali kekhasan dari Indonesia khususnya Bali. Di depan bangunan ini, tampak umbul-umbul  khas dari Bali, juga pohon bambu yang terawat dengan baik. Sebuah papan nama terpampang panjang nama restauran “Djakarta Bali.” Memasuki restauran tampak rempah-rempah seperti jahe, cabe, kemiri, lengkuas ataupun sereh menjadi penghias menyambut para tamunya. Di bagian belakang penerima tamu, tampak pula topeng-topeng dari Jawa. Di ruang utama, selain tampak patung Budha yang cukup besar di sebuah sudut, juga foto-foto bapak alm Hanafi bersama presiden Soekarno ataupun dengan Fidel Castro di dindingnya, juga lukisan menggambarkan tentang Indonesia, juga tiang penyangga yang berbungkus dengan kain bermotif prada.

IMG_0836

Restaurant Djakarta Bali yang berdiri pada tahun 1985 didirikan oleh bapak A.M. Hanafi. Mantan duta besar Cuba di era presiden Soekarno. Pada saat jatuhnya  Soekarno ke presiden Soeharto (1965), banyak para duta besar atau pelajar yang bertugas di negara-negara berideologi komunis tidak bisa kembali ke Indonesia. Salah satunya alm bp. A.M Hanafi. Selama pemerintahan Orde Baru, bapak Hanafi dan keluarga tidak pernah dan diijinkan untuk menginjakkan kakinya ataupun mengunjungi tanah airnya, Indonesia.

Oleh karena kerinduannya akan tanah air, alm bapak Hanafi memulai usahanya dengan restauran Djakarta Bali. Restauran yang menyuguhkan makanan dengan cita rasa Indonesia. Mulai dari nasi goreng, sate, opor ayam, rendang juga bubur ketan hitam yang masih kental dengan cita rasa aslinya. Selain menghadirkan gastronomi Indonesia, beliaupun menghadirkan dan memperkenalkan budaya Indonesia, lewat tari-tarian Indonesia dari berbagai bagian Indonesia.

Berbagai kisah sedih menjadi bagian dari keluarga Hanafi. Beberapa dekade adanya larangan dari pemerintah Indonesia bagi orang-orang yang bekerja di pemerintahan Indonesia untuk makan di restauran Djakarta Bali. Cerita ini, seakan melengkapi cerita suami saya yang pernah menceritakan ketika koleganya kedatangan tamu-tamu dari instansi pemerintah Indonesia. Sang kolega suami, karena ingin menyenangkan tamunya yang pasti rindu akan makanan Indonesia selama di Paris, berniat mengajak makan di restauran ini. Tapi, buru-buru ditolak ketika mengetahui nama restauran Djakarta Bali.

Restauran Djakarta Bali yang saat ini dikelola oleh Nina Hanafi, putri bungsu dari bapak Hanafi yang lahir di Cuba, dan menginjakkan kakinya pertama kali di Indonesia pada usia 29 tahun!!! Walaupun mengenal akarnya di usia 29 tahun, tidak menyurutkan rasa cintanya akan Indonesia. Nina Hanafi berusaha melanjutkan apa yang telah dirintis oleh orangtuanya akan originalitas masakan Indonesia yang telah dibangun lewat Djakarta Bali.

IMG_0837

Usaha ini tidaklah sia-sia…., walaupun orang Indonesia baru mengunjungi restauran ini, di 5 tahun terakhir, restauran Djakarta Bali menjadi salah satu jujugan bagi warga Perancis. Dari usia 25 tahun hingga 65 tahun, juga dari berbagai status sosial, dari distrik chic ataupun dari distrik “marginal” semua bisa tumplek blek di sini. Menikmati keindahan, keramahan, juga cita rasa Indonesia.

Bagi wisatawan Indonesia yang sedang mengunjungi Paris dan merindukan makanan Indonesia, restauran Djakarta Bali bisa menjadi salah satu tempat yang layak untuk dikunjungi. Selain bisa melepas kerinduan akan masakan Indonesia, di restauran ini juga menyediakan produk halal. Menikmati kelezatan masakan Indonesia di Djakarta Bali, bukan sekedar menikmati masakan, tapi juga kita seperti dibawa mengunjungi ataupun menjadi obat rindu akan Indonesia.

Info: Djakarta Bali , 9 Rue Vaulliers, 75001 Paris.

http://www.djakarta-bali.com