Paris Dalam Dekapan Desember

IMG_3280

Musim dingin yang sudah terasa di bulan Desember ditandai dengan suhu yang mulai memasuki angka 10 derajat Celcius ditambah dengan ranting-ranting pohon yang tak menampakkan daun-daunnya. Suram….

Parisien sebutan penduduk Paris mulai mengenakkan « seragam kebesarannya » yang berwarna hitam, sebutan untuk jaket, coat. Paris yang biasanya berwarna-warni dengan busana yang dikenakan oleh penduduk Paris berubah menjadi hitam di mana-mana, kesan muram sangat terasa……

Sudah menjadi tradisi di berbagai kota di Perancis, untuk menyambut Natal, di tiap-tiap kota mereka akan mengadakan Pasar Natal, atau dalam bahasa Perancis mereka menamakannya dengan Marché de Noel atau Vilagge de Noel.

IMG_3278

Di awal bulan November kemuraman kota Paris berubah menjadi ceria dengan hiasan lampu-lampu di berbagai sudut kota. Lampu-lampu dan hiasan yang dipasang untuk menyambut Natal. Khususnya di sepanjang boulevard tercantik di dunia, Boulevard Champs Elyséés.

 Untuk kota Paris pemerintah Perancis mengadakan di Champs Elyséés. Chmaps Elysées yang menjadi salah satu jujugan turis dari manca negara tampak semakin ramai dengan berderetnya para pedagang yang menghias kiosnya yang berupa chalet degan lampu yang berwarna-warni. Juga hiasan guerlain, pohon-pohon cemaran di sepanjang boulevard ini.

Para pedagang yang jumlahnya kurang lebih 180, bisa menjual segala macam jenis dagangannya. Udara dingin tidak membuat mereka tidak bersemangat menjajakan dagangannya. Berbagai atraksi atau menjejer dagangannya mereka lakukan untuk menarik para pembeli.

Pengunjung dari Marché Noel bukan hanya para turis, juga penduduk Paris sendiri. Salah satu acara ke luar bersama teman, pacar, pasangan suami/istri ataupun keluarga. Berbagai atraksi bisa dinikmati bersama, seperti, permainan ayunan, prosotan, ice skating, kereta yang ditarik oleh kuda bersama Santa Claus ataupun menikmati komidi putar yang sangat terkenal Grande Roue.

Mengunjungi Marché de Noel ini, kita bisa mendapatkan berbagai produk. Juga gerai baju, mainan anak, topi bulu, kebutuhan rumah tangga, hingga makanan khas untuk musim dingin.

IMG_3296

Salah satu minuman khas yang harus dicoba untuk menikmati musim dingin yang aslinya berasal dari Jerman. Minuman ini bernama vin chaud. Vin chaud adalah minuman anggur merah yang dipanaskan dan dicampuri rempah-rempah, salah satunya adalah kayu manis. Dengan harga 5 Euro, kita bisa menikmati satu gelas kecil yang bisa menghangatkan badan kita. Juga merasakan makanan tartiflette dengan bahan dasar kentang bercampur dengan keju yang meleleh. Makanan yang sangat energetik.

Sayup-sayup musik berirama Natal terdengar mengalun dari loudspeaker. Udara dingin terasa hangat dengan keceriaan dari para pengunjung. Paris memang adalah « Kota Cahaya , » semakin bercahaya di musim dingin…..