Pintu Berbuah Zakar

img_9504

Menyusurui avenue Rapp yang berada di distrik 7 kota Paris, tampak sebuah bangunan yang lain dari pada bangunan yang berada di sekitarnya. Bangunan berlantai 4, gaya arsitekturnya menyerupai gaya dari aristektur asal Spanyol, Antoni Gaudi. Bangunan ini adalah karya dari arsitektur Perancis, Jules Lavirotte (1862-1929).

Jules Lavirotte terkenal dengan style Art Nouveau. Karya-karyanya terkenal karena extravaganza. Banyak dari desain-desainnya menggunakan simbol keerotisan atau seksual. Seperti gedung appartement di 29 avenue Rapp ini. Jules Lavirotte bekerjasama dengan ahli keramik dari Perancis, Alexandre Bigot untuk membuat fasad gedung ini. Dengan menggunakan batu pasir, memudahkan membentuk ornamen, dan keaneka ragaman warna.img_9509

Pada fasad jendela-jendelanya tampak berbagai ornament, seperti bunga, binatang benda-benda berbentuk abstrak. Bahkan tampak ornamaen berbentu kepala sapi sebagai penompang balkoninya.

img_9515

Di pintu masuknya, tampak ukiran dari batu karya Jean-Baptiste Larrive. Pahatan yang menggelilingi pintu masuk  tampak pahatan kepala seorang wanita, yaitu Madame Lavirotte yang dikelilingi oleh Adam dan Eva (di sisi kiri dan kanan) saat meninggalkan surga. Pintu masuk yang terbuat kayu dengan hiasan kaca-kaca. Di sisi atas dari pintu tampak 2 bulatan berbentuk oval yang menggambarkan dari buah zakar yang terbalik…..!!! Bahkan di lantai dasar dari bangunan ini pada kaca jendela balkonnya menggambarkan sebuah penis….!!

img_9527

Keunikan dari karya Lavirotte ini, telah memenangkan beberapa lomba fasad di masanya. Gedung appartemen di avenue rue Rapp ini telah memenangkan lomba fasad pada tahun 1901. Selain kemenangannya untuk fasad gedung ini, Lavirotte juga  memenangkan di dua lomba fasad yang lain pada tahun 1904 dan tahun 1907.