Sun, Sand And Seine

IMG_2657

Apa saja yang tidak ada di Paris. Bisa dibilang semua yang kita cari ada di Paris. Baik itu berbagai waralaba dari berbagai kafe, restaurant, mode ataupun produk dari Perancis sendiri, kecuali butik lingerie yang berasal dari US, Vicotria Secret :p

Walaupun Perancis sebagai negara maju, pada kenyataannya banyak warganya yang tidak berkelebih-lebihan atau hidup pas-pasan. Penghasilan mereka hanya cukup untuk hidup sehari-hari. Dengan kehidupan yang pas-pasan, jangan pernah menanyakan kemanakah mereka berlibur pada musim panas.

Liburan khususnya liburan musim panas, adalah saat-saat yang ditunggu-tunggu oleh warga Perancis. Untuk mereka yang mempunyai uang, jauh-jauh hari mereka sudah mempersiapkan rencana kemana mereka akan pergi. Tujuan berlibur mereka kebanyakan adalah daerah pantai. Mencari kehangatan matahari sambil menikmati hangatnya air laut, dan berjemur di pantai.

Tujuan mereka adalah menuju Selatan dari Perancis. Daerah Mediterania yang terkenal sangat indah. Jadi, janganlah heran, seringkali jalan bebas hambatan menuju daerah ini penuh dengan mobil yang mengakibatkan macet yang cukup parah.

Berlibur adalah aktivitas keluarga yang cukup mahal. Walaupun biaya transportasi yang relatif murah, ataupun ada juga penginapan dengan cara camping. Tapi…itupun tidak gratis. Kita tidak bisa camping di sembarang tempat. Ada tempat khusus camping yang bisa disewa. Ke manakah mereka-mereka yang pendapatannya pas-pasan ? Khususnya untuk Parisian (sebutan untuk warga Paris) berlibur ? Nowhere…..

Karena kepedulian akan warganya yang tidak dapat berlibur ke luar Paris, maka walikota Paris pada saat itu (2006) mempunyai inisiatif untuk membuat pantai buatan dengan pasir, pohon nyiur di sepanjang sungai Seine yang dinamakan Paris Plage atau dalam bahasa Indonesia adalah Pantai Paris.

IMG_2636

Paris Plage ini berada di jantung kota Paris dengan panjang 3,5 km di sepanjang sisi sebelah kanan sungai Seine antara jembatan Pont Neuf dan Pont de Sully. Dari tahun ke tahun pengunjung dari Paris Plage semakin meningkat. Begitu banyak keluarga yang menikmati pantai buatan ini. Sekedar berjemur ataupun menikmati berbagai aktivitas dari pantai buatan yang dibuka hanya pada bulan July-Agustus ini.

Pantai ini menghadap sungai Seine dan beberapa monumen historik seperti Concierge. Pengunjung bisa menikmati lalu-lalang dari kapal-kapal yang membawa turis yang melintasi Sungai Seine. Walaupun merupakan pantai buatan berbagai aktivitas bisa dilakukan di sini. Misalnya adalah bersepeda, bersampan, bersepeda air, volley pantai dan berbagai aktivitas yang lain.

IMG_2655

IMG_2642

Untuk anak-anakpun, telah disiapkan taman bermain berpasir coklat. Tampak seorang anak muda dikelilingi oleh anak-anak berusia 5-7 tahun yang sedang membacakan buku dongeng….

Di pantai ini, juga disedikan WC, air pancuran untuk membersihkan diri, juga tampak beberapa kedai ice cream. Para pengunjung bisa menikmati pantai ini dari jam 9 pagi hingga jam 12 tengah malam.

IMG_2631

Paris Plage yang diperuntukkan warga Paris, pada kenyatannya banyak para turis yang mencoba untuk menikmati keindahan Paris dengan berbaring di kursi pantai. Memandang lalu lalang kapal yang melintasi sungai Seine. Memandang menara Eiffel yang menjulang di kejauhan, ataupun menikmati suasana pantai ini ataupun keunikan dari kota Paris yang lain…..