Surga Pecinta Buku Perjalanan

Apa sih yang tidak bisa kita temukan di kota Paris nan cantik ini? Begitu banyak pertokoan bertebaran di kota tua dan cantik ini. Salah satunya adalah toko buku. Kita bisa menemukan begitu banyak toko buku di berbagai sudut kota Paris ini. Dari toko buku yang besar, hingga toko buku kecil, dari buku bekas hingga buku terbitan terbaru.

IMG_2925

Tapi, tidak banyak yang tahu dari begitu banyaknya toko-toko buku tersebut, di salah satu sudut kota Paris yang berada di distrik 4. Ile St. Louise, salah satu daerah elitenya Paris, kita akan menemui sebuah toko buku kecil yang bernama “Libraire Ulysse.” Toko buku yang dididirikan pada tahun 1971 ini adalah toko buku pertama di dunia yang khusus menjual buku-buku perjalanan dari berbagai belahan dunia. Hal ini dikarenakan, karena pemilik toko buku ini, adalah seorang traveler yang telah mengunjungi lebih dari 140 negara. Kunjungannya yang tidak hanya sekedar berfoto ria di depan tempat-tempat indah/cantik atau bersejarah, tapi, dia mencoba untuk mengenal sejarah, dan budaya negara setempat. Di toko buku ini, kita bisa mendapatkan buku-buku tua hingga terbitan terakhir di dunia perjalanan.

Satu lagi kekhususan dari toko ini, ibarat sebuah restaurant. Toko buku Ulysse ini adalah fine dining resturant. Karena untuk di toko buku ini, untuk mendapatkan buku yang kita inginkan, kita tidak bisa mengambil begitu saja di rak buku yang tersusun rapi di toko mungil ini, tapi si pemiliklah yang akan mencarikan dan mengambilkannya. Oleh karena itu, saya tidak masuk ke toko buku tersebut, karena saat itu, saya tidak ada keinginan untuk membeli buku.

Kecintaan akan traveling dari pemilik toko ini, dibuktikan tidak hanya menjadi pemilik toko buku ini, tapi dia juga berbagi pengalaman yang diadakan setiap bulan sekali. Dan bagi pecinta buku perjalanan, “Libraire Ulysee” adalah surga…. Terima kasih suami tercinta yang sudah memperkenalkan akan toko buku yang unik ini.