Tabuhan – Sekeping Surga di Ujung Timur P. Jawa

 

img_8338

Pulau Tabuhan adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang berada diantara P. Jawa dan P. Bali.

Menuju Pulau Tabuhan saya menyewa kapal nelayan dari dusun Pandean yang berada di desa Wonorejo. Perjalanan kurang lebih 45 menit dengan ombak yang cukup kuat membawa saya dan keluarga menuju Pulau Tabuhan.

Wow….., satu kata yang terlontar saat melihat pantai berpasir putih ini. Tak tampak satupun wisatawan di pulau ini. Hanya semak-semak lira berwarna sebagai penghuni pulau ini. Tampak pula gubuk-gubuk bekas orang berjualan yang sudah tidak terawat. Di situlah saya meletakkan perbekalan makanan dan minuman.

Pulau Tabuhan yang dikelilingi dengan pasir putihnya tampak kontras dengan gradasi dari warna laut hijau, biru muda dan biru tua. Tampak pula Gunung Baluran sebagai latar belakang dari pulau ini.

Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Tabuhan ini. Selain, menikmati keindahan lanskap sambil berenang dengan air laut yang hangat. Ataupun snorkling. Hanya sayang, terumbu karang di sekitar pulau ini sudah banyak yang rusak.

Walaupun keindahan pulau ini ternodai dengan sampah yang tercecer, juga rusaknya terumbu karang. Pulau Tabuhan adalah salah satu pulau indah yang harus layak dikunjungi dan dijaga keberadaannya.