Istana Peristirahatan Para Raja Perancis, Fontainebleau

0
532
views

Jalan-jalan ke Fontainebleau adalah acara jalan-jalan seru setelah kegiatan jalan-jalan vacuum karena udara yang tidak bersahabat.

Fontainebleau adalah salah satu icon pariwisata yang berada di Ile de France. Terletak 61 km sebelah Tenggara kota Paris. Fontainebleau adalah sebuah nama kota di distrik 77. Di sinilah berdiri sebuah istana/kastil sejak abad ke 12, dikenal dengan nama chateau Fontainebleau.

Chateau Fontainebleau adalah istana dengan arsitektur bergaya Renaissance. Merupakan salah satu cagar budaya UNESCO sejak tahun 1981. Di sinilah Napoleon I turun tahta sebelum ke tempat pengasingannya P. Elba. Istana ini merupakan rumah peristirahatan para raja sejak Françoise I hingga Napoleon III. Sayang sekali, kunjungan saya ke sini tidak bisa menikmati keindahan interior dari istana ini, karena adanya renovasi. Maka sayapun menikmati luasnya taman sebesar 130 hektar yang mengelilingi istana ini….., terbesar di Eropa….

Saya dan teman-teman masuk ke area istana melalui taman yang berada di pusat kota. Nama taman itu adalah Grand Parterra, merupakan bagian dari taman chateau Fontainebleau. Di sentral halaman istana tampak sebuah danau buatan yang dikelilingi oleh taman seluas 4 hektar. Taman-taman di istana ini yang sangat terkenal dengan nama Jardin d’Anglais atau taman bergaya Inggris, dan Jardin de Diane atau taman Diane. Cauca musim dingin masih sangat terasa. Taman yang tiap tahunnya ditanami dengan 45. 000 tanaman belum tampak daun atau bunga-bunganya. Hanya tampak beberapa pohon perdu di Jardin d’Anglais.

Tampak beberapa pegawai taman yang sedang melaukan pembibitan di beberapa bagian taman, juga renovasi di istana. Walaupun taman di sini belum tampak tanda-tanda kehidupan, tampak pengunjung menikmati keindahan taman ini. Beberapa keluarga bercengkerama dengan keluarga kecilnya, anak muda dengan pasangan atau teman-temannya, pun beberapa turis asing menikmati keindahan istana dan taman Fontainebleau ini.

Chateau Fontainebleau salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi bagi siapa saja yang cinta akan history dan nature…..

Info praktis :

  • Untuk ke istana Chateau Fontainebleau, cukup menggunakan tiket Mobilis zone 1-5 dengan harga kurang lebih 12 euro untuk pulang-pergi.
  • Menuju ke sini harus dari stasiun Gare de Lyon, ambil jurusan ke Montargis, turun di Fontainebleua. Jarak tempuh ke dari gare de Lyon hingga Fontainebleau adalah 45 menit. Kereta ada setiap 1 jam.

Selamat jalan-jalan……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.