Perjalanan Ke Masa Lampau, Le Train Bleu

0
88
views

Gare de Lyon adalah salah satu stasiun kereta terbesar dari 6 stasiun besar yang ada di kota Paris. Keunikan dari stasiun ini adalah jam besar di ujung bangunan yang menyerupai United Kingdom House of Parlament, dan rumah dari Big Ben. Stasiun yang dibangun untuk pada saat akan diadakan World Exposition tahun 1900. Gare de Lyon ini, membawa penumpangnya dengan tujuan Perancis Selatan, salah satunya adalah kota besar no. 3 di Perancis, Lyon. Selain juga membawa penumpangnya dengan tujuan beberapa kota di Itali.

Di Gare de Lyon inilah terdapat sebuah restauran yang kaya akan sejarah dengan dekorasi interiornya yang indah, Train Bleu. Memasuki restauran ini, kita disambut oleh pelayan restauran yang ramah. Di sini, pengunjung bisa sekedar minum kopi, atau menikmati makan siang atau malam, sambil menunggu kereta yang membawa ke tujuan para penumpangnya.

Le Train Bleu memiliki keindahan arsitektur. Keindahan arsitekturnya hasil karya arsitek Marius Toudoire, arsitek Perancis yang terkenal di masanya (1852-1922) yang bergaya Neo-Barok. Dengan jendela-jendela kaca yang lebar, lukisan di plafonnya juga di dindingnya yang menggambarkan kota dan region di Perancis, tak lepas dari karya dari pelukis terkenal seperti Charles Bertier, Francois Flameng dan masih banyak lagi. Juga pahatan patung-patung yang menghiasi sudut-sudut plafonnya. Restauran ini dibangun juga untuk menyambut pengunjung World Exposition, dan diresmikan pada tanggal 7 April 1901.

Menikmati kelezatan hidangan Le Train Bleu Pengunjung seolah-olah dibawa ke masa silam dengan keindahan dekorasi, kursi-kursinya yang besar yang dibungkus dari kulit. Ruangan restauran yang didominasi dengan warna emas ini, menambah kesan mewah. Dari jendela kacanya, pengunjung bisa melihat lalu-lalang calon penumpang yang datang dan pergi menuju tempat tujuannya.

Awal nama restauran ini adalah Le Buffet de la Gare de Lyon yang berubah nama menjadi Le Train Bleu pada tahun 1963. Nama Le Train Bleu untuk mengenang nama kereta mistik Train Bleu, kereta ekspres mewah dengan rute Paris-Marseille-Nice-Monaco-Vintimille pada tahun 1868. Kereta mewah ini, menyusuri sepanjang pantai Mediterania.

Harga makanan yang ditawarkan di restauran ini bervariasi dari 18 euro hingga 35 uero untuk makanan utama. Beberapa orang ternama telah menikmati keindahan sekaligus menikmati kelezatan makanan restauran ini. Nama-nama selebritis hingga politikus seperti Brigitte Bardot, Coco Chanel, Jean Couteau, Salvador Dali, hingga Francois Mitterand pernah “singgah” di sini. Beberapa film, seperti Nikita, Place Vendome, dan Mr. Bean’s Holiday pernah menjadikan restauran ini menjadi setting dari film-film tersebut.

Le Train Bleu layak untuk dikunjungi selain karena keindahannya juga sejarahnya.  Restauran yang nyaris dirobohkan  pada tahun 1966 dan diselematkan oleh poilitikus Perancis, Andre Mairaux telah menjadi monumen historik Perancis sejak tahun 1972. Dan salah satu gedung yang terkenal di tahun 1900 di Paris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here