Dublin Dan Keunikan Jembatannya

0
172
views

Mengunjungi kota Dublin yang dialiri oleh sungai Leffey, wisatawan akan kagum dengan banyaknya jembatan-jembatan yang melintasi di atas sungai Leffey. 2 jembatan yang sempat saya kunjungi adalah :

  1. Ha’Penny Bridge – Jembatan Dengan Ceritanya

Kota Dublin yang dikenal sebagai kota dengan berbagai jembatan. Jembatan-jembatan yang menghubungkan Dublin bagian Selatan dan Utara dari sungai Liffey. Salah satunya yang berada di pusat kota Dublin yang terkenal dengan nama Ha’Penny Bridge.

Jembatan yang dibangun pada tahun 1816, asalnya bernama Wellington Bridge. Walaupun terkenal dengan nama Ha’Penny Bridge, jembatan ini secara official bernama Liffey Bridge. Sebelum jembatan ini dibangun, untuk menyeberang dari tepian Barat ataupun timur menggunakan ferry-ferry yang mengangkut penumpang dari Utara menuju ke Selatan. Pemerintah kota Dublin memerintahkan pemilik ferry William Walsh untuk membangun jembatan ini. Dengan catatan, siapapun yang melewati jembatan ini dikenakan biaya pungutan sebesar satu setengah Penny. Dan pungutan ini berjalan selama 100 tahun….!!

Jembatan yang panjangnya 43 meter, dengan lebar 3 meter dengan ketinggian 3 meter dari atas sungai Liffey. Saat ini, kurang lebih 30.000 pejalan kaki per hari yang menyeberangi jembatan yang bersejarah ini.

Ha’Penny Bridge jembatan berwarna putih ini adalah salah satu icon wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan saat mengunjungi kota Dublin.

2. Jembatan Samuel Beckett – Desain Yang Unik


Jembatan yang menyerupai Harpa ini berada di daerah Grand Canal Dublin. Jembatan karya arsitektur asal Spanyol, Calatrava. Tidaklah mengherankan jika jembatan ini menyerupai harpa, karena Calatrava terinspirasi ancient harpa dari nasional symbol  Irlandia.

Jembatan yang lebih dikenal dengan nama Harp Bridge, salah satu jembatan yang harus dikunjungi karena keunikan designnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.