Gereja Orthodoks Bergaya Rumah Gadang

0
107
views

Udara di akhir bulan September yang mulai dingin, tidak menyurutkan niat saya untuk menyusuri distrik 19 kota Paris. Tujuan saya adalah ke gereja Othodoks Rusia.

Gereja yang berdiri di tahun 1850 ini awalnya adalah gereja Protestan yang digunakan oleh komunitas Jerman di Paris. Gereja Saint Serge de Radonege. Gereja dengan bangunan yang terbuat dari kayu ini dijual oleh pemerintah Prancis setelah Perang Dunia I, kepada Rusia dengan membanjirnya immigran Rusia setelah Revolusi Rusia tahun1917. Dan dijadikan gereja Orthodoks Rusia.

Gereja yang berada di 93 rue Crime, berada di balik rimbunnya pepohonan dan di atas bukit kecil. Gereja Orthodoks ini, didominasi dengan warna oranye di atapnya dan hijau. Arsitekur gereja ini, mengingatkan saya akan rumah Gadang. Dengan dindingnya yang dihiasi lukisan para Saint, dengan kaligrafi Rusia.

Memasuki gereja ini, mural di pintu masuk tampak begitu indah dengan ornamen-ornamen dengan warna dasar biru yang cerah. Interior gereja inipun didominasi oleh warna oranye pada langit-langitnya dengan lukisan yang menggambarkan para orang suci atau Saint, juga ornamen-ornamen dengan cat warna hijau yang indah. Di anak tangga tampak pula aksara Rusia.

Gereja Rusia Orthodoks yang dikelilingi oleh taman kecil adalah salah satu hidden treasure kota Paris….!!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.